Merenung di Akhir Juli 2024: Apa yang Kutemukan? (Monthly Highlight Series)

Hai semuanya~! Buat kalian yang mampir ke sini dari Instagram Nia tentunya kalian udah gak asing lagi dengan Monthly Highlight kan. Yap, setiap bulannya Nia suka banget post 10 foto yang paling berkesan buat Nia selama sebulan, lengkap dengan caption yang mewakili hasil renungan Nia dalam 3 kata kunci yang mendeskripsikan dan 3 bullet point rangkumannya.

Setelah sekian lama ide ini hanya dierami dalam otak, akhirnya Monthly Highlight punya rumah baru yay, yaitu di blog tercinta Nia yang baru debut ini! Kenapa di blog? Karena di sini, Nia bisa lebih leluasa cerita panjang lebar soal apa yang ada di balik foto-foto dan caption-nya itu. Mulai dari makna di balik 3 kata kunci yang Nia pilih, cerita seru di balik setiap foto, sampai pelajaran hidup yang bisa kalian ambil.

Makna 3 Kata Kunci Untuk Juli 2024

Foto pertama dalam Carousel Highlight Juli 2024 Nia
Okay, tiga kata kunci untuk bulan Juli 2024 dari Nia adalah lose, grateful dan raise. Nia suka menggunakan kata kunci dalam bahasa Inggris karena singkat, padat dan bisa bermakna luas hehe.

Lose yang kali ini memiliki makna "kehilangan" kalau dalam bahasa Indonesia. Ya, sesuai dugaan kalian, Nia kehilangan sesuatu bulan ini. Jujur, gak ingin spill total di sini karna sangat privasi, nia cuma mau meninggalkan hint dan pesan ini "hati-hati kalau lagi ngevlog di kondisi cuaca berangin, please don't repeat my mistake." Sepertinya ini sih pelajaran yang bisa dibagikan dari kejadian kehilangan ini huhu. 

Kolase story dapat tiket gratis IYPS 2024
Grateful, jelas dong sesuai artinya penuh bersyukur bulan ini. Bersyukur atas rezeki yang Allah SWT berikan kepada Nia sekeluarga, bersyukur atas kesempatan-kesempatan yang telah diberikan, bersyukur atas banyaknya pelajaran yang diperoleh. Salah satunya, dapat tiket offline GRATIS IYPG (Indonesian Young Pharmacist Group) Summit 2024 di Bali aaakkk!! I know, in the end I can not go, Nia tukar tiketnya jadi tiket online karena gak bisa pergi. Walaupun belum bisa hadir fisik ini ke Bali, Nia sangat bersyukur atas kesempatan dan rezeki ini. Alhamdulillah!

Raise, memaknai ada yang bangkit dalam diri ini. Pada Mei dan Juni, Nia cukup terpuruk, entah rasanya seperti kehilangan sesuatu. Nia tau, harusnya nia bahagia karna baru aja menyelesaikan studi Apoteker dan sah diambil sumpahnya sebagai seorang Apoteker (impian sejak 9 tahun yang lalu ini alhamdulillah udah tercapai). 

Kolase ekspresi kosong Sasuke setelah kematian Itachi
Ini nih yang mau Nia bahas lebih lanjut. Apa kalian pernah merasakan hal yang sama? Perasaan ketika yang ditunggu-tunggu selama ini udah tercapai, tapi kek "udah? gini doang nih? trus selanjutnya apa?". Kaya itu loh, kalau kalian pernah nonton Naruto Shippuden episode Sasuke vs Itachi, setelah Sasuke berhasil membunuh Itachi, pandangan mata Sasuke tuh kosong seolah menyiratkan perasaan kek "udah habis bunuh Itachi, dah gini doang? trus apa?". Seolah mempertanyakan juga apakah yang barusan diselesaikannya ini memang benar apa yang dia inginkan atau bukan. Bahkan saat bertemu Tobi dan di-spill rahasia Itachi pun Sasuke jadi sempat masuk ke fase denial dan ujungnya malah kemakan manipulasi Tobi.

Perasaan entah kenapa baru sadar ini bukan "goal akhir"nya, alias ini baru permulaan, terus akhirnya bingung "aku harus happy atau gloomy?" Well, ini bukan pilihan sih harusnya, apapun perasaannya valid. Yah intinya, Nia bingung karna perasaan yang Nia rasa tuh campur aduk kaya tim bubur diaduk! Senang telah mencapai impian, gloomy karena bingung step selanjutnya apa dan mulai dari mana ya? Kok rasanya udah sejauh ini tapi masih juga abu-abu? Begitulah. Mungkin yang sedang Nia rasakan ini Quarter Life Crisis gak sih? 

Terlepas dari perasaan membingungkan di Mei dan Juni, alhamdulillah Nia mulai bangkit dan bisa melangkah lagi di bulan Juli. Relate juga ke grateful, alhamdulillah Nia bersyukur era bingung ini berhasil terlewati dengan terus berusaha fokus ke apa yang bisa dilakukan saat ini. Nia juga mulanya gak tau harus mulai dari mana, start from scratch, tapi Nia tetapkan dalam hati untuk terus gerak dan fokus ke "saat ini", alhamdulillah akhirnya mengalir aja dan sekarang mulai terlihat jelas langkah selanjutnya yang akan Nia ambil ini.

Refleksi dan Inspirasi di Bulan Juli 2024 

Nah, udah ter-spill makna dibalik 3 kata kunci yang nia pilih, next kita bahas 3 rangkuman momen tersorot di bulan Juli 2024 (3 bullet point yang ada di caption).

Poin Pertama

Pelajaran hidup yang Nia peroleh di bulan Juli 2024, gak baru dapet juga sih, tapi di bulan ini berusaha ingat kalimat di bawah ini terus untuk bisa survive
"Cara terbaik dan tercepat untuk bahagia adalah dengan bersyukur. Sedangkan, cara terbaik dan tercepat untuk menghilangkan kebahagiaan adalah dengan membanding-bandingkan."
Gatau siapa yang pertama bilang, tapi Nia sering dengar influencer self-development bilang ini. Salah satunya Lavendaire, yah meski kata-katanya gak persis kaya gini, karena ini ditulis ulang sesuai ingatan Nia hehe.

Poin Kedua

"Terkadang yang kita butuhkan adalah hari tanpa gadget dan internet untuk mengisi daya dan latihan "kesadaran penuh". 
Sesuai kalimatnya aja sih, terkadang memang kondisi kaya gini tuh asli healing banget. Mei, Juni, sampai Juli, Nia banyak ngurangi pegang gadget dan akses internet kecuali untuk project atau hobi sih. Alhamdulillah jadi merasa lebih tenang dan bisa bangkit lagi.

Setiap individu memiliki jalur dan perjalanannya masing-masing, hal ini yang membuat kita semua unik dan hanya ada satu "diri" ini di dunia, only one of us in this world, in this lifetime. Meskipun ada orang yang juga melalui jalur sama seperti yang pernah kita lalui, namun apa yang kita lihat (our point of view) tidak sama. Artinya, hal yang kita lihat, dengar, cerna, pahami dan rasakan tidak akan sama persis. Inilah pentingnya stop membanding-bandingkan diri dengan orang lain! Mari perbanyak bersyukur untuk menciptakan kebahagiaan dari dalam diri sendiri.

Poin Ketiga

Well, poin ketiga ini relate ke makna kata raise yang udah nia ceritain sih, jadi nemu kalimat ini waktu baca buku Atomic Habits by James Clear. Kalimat ini ditulis ulang dengan bahasa Nia yaa:
"Goals yang gak sesuai dengan kemauan jangka panjang berpotensi membuat diri ini merasa "kehilangan" selepas goals tersebut terwujud."
Setelah mencerna kalimat ini, kayanya Nia tau deh kenapa Sasuke merasa kaya kehilangan tujuan gitu setelah membunuh Itachi sampe jadi mudah dimanipulasi Tobi. Lalu kenapa Nia merasakan hal serupa setelah Lulus UKMPPAI dan diambil Sumpah Apoteker. Jawabannya, karena selama ini goal Sasuke yang "balas dendam" gak sesuai dengan kemauan jangka panjangnya yang ingin merestorasi clan Uchiha. Begitu pula dengan Nia, karena selama ini goal Nia yang belajar keras mentok agar lulus UKMPPAI doang itu gak sesuai dengan kemauan jangka panjang Nia yang ingin menjadi lifelong learner pharmacist dan mengamalkan ilmu ini agar bermanfaat baik bagi diri ini maupun kalian, orang-orang di sekitar Nia. Simpelnya, jalan Nia menuju kemauan jangka panjang itu masih baru dimulai hihii. Yah begitulah, mari kita lanjutkan perjuangan hidup ini.

Cerita di Balik 10 Foto Highlight Juli 2024

Mari kita spill cerita di balik 10 foto yang nia post muehhehe.

1) Foto pertama udah nia taruh jadi gambar pertama dalam artikel ini. Editan foto ini relate dengan hint "kehilangan yang hati-hati kalau ngonten di cuaca berangin", buat yang udah tau diem aja ya. Selfie kecil di sudut kanan atas tuh lagi nunjukin Nia baru sadar bulan ini kalau suka banget cosplay pohon!! Alias suka banget pakai perpaduan warna outfit coklat-hijau, menyatu dengan alam bestie~

Kolase Molly edisi Juli 2024
2) MasyaAllah gemash sekali bukan bayik Nia yang coklat satu ini? Yang belum kenal kalian harus kenal namanya Molly! Si coklat yang selalu ingin keluar rumah padahal kalau di luar rumah ketemu kucing liar dia takut trus masuk rumah lagi, aneh kan, yah antara antisosial atau introvert beda tipis kucing coklat satu ini.

Carbonara macaroni ala UMKM
3) Jajanan deket toko nih, ada makaroni yang harganya murah dan bumbunya enak, yumm. Harganya unexpectedly murah untuk kualitas rasanya.

Kutipan dari kelas Mental Health For Youth KT&G SangSang Univ
4) Nia lagi suka banget upgrade softskill dengan nyimak kelas-kelasnya KT&G SangSang Univ, ada kelas mental health juga dan ini pesan dari kelasnya. Luv.

5) Topiknya kelas kali ini mengenali Quarter Life Crisis dan bagaimana mengatasinya, ayo survive bareng! Nia rekomendasi banget buat join kelasnya! Nih follow SangSang Univ (bukan endorse tapi kalau KT&G mau endorse nia boleh juga tuh, hit me on my email hehe).

Blog ini debut!
6) Tinta dan Resep debut bestie!!!! Finally, Nia seneng banget akhirnya ketemu nama blog yang pas dan selera Nia! Makin semangat blogging nih muehehhehe.

Langit di jam 10.00 WIB
7) Langit di jam 10 pagi MasyaAllah indah sekali. Nia suka perpaduan biru muda langit, putih awan, dan hijau daun itu, sangat ramah di mata.

Nia's journey to shift lifestyles
8) Nia lagi coba ikut Jun Yuh #juns4wins buat meningkatkan accountability dan disiplin diri ini demi mengurangi lack of energy muehhehee. Makanya tuh bisa daily sunlight & movements & journaling-nya selama itu. Feels great!

salah satu anotasi nia saat membaca Atomic Habits
9) Udah diceritain tadi kan tentang poin ke-tiga momen di caption. Nah ini kalimat asli dari buku Atomic Habits yang gak Nia tulis ulang.

10) Alhamdulillah July goals completed. Thanks for the opportunity. Maaf yang ini privasi jadi engga bisa di-spill huhu, cukup orang-orang terdekat dan terkait aja yang mendengar kisah jelasnya hehe.

Kesimpulan

Kelar juga nih sesi sharing tentang detail "Monthly Highlight" yang biasanya nia posting di Instagram. Tiga kata kunci untuk Juli 2024: lose (kehilangan), grateful (bersyukur) dan raise (bangkit). Refleksi di akhir bulan ini berhasil membuat Nia menemukan pelajaran hidup berikut: 
  • Cara terbaik untuk bahagia adalah bersyukur, bukan membanding-bandingkan.
  • Pentingnya waktu tanpa gadget dan internet untuk recharge dan latihan mindfulness.
  • Refleksi tentang pentingnya menetapkan tujuan yang sesuai dengan keinginan jangka panjang.
Nia berbagi cerita di balik 10 foto highlight bulan Juli yang mencakup hobi, anabul, dan pengembangan diri. Alhamdulillah Nia berhasil menyelesaikan goal bulan Juli dan merasa bersyukur atas kesempatan yang diberikan. Sekian artikel mengenai refleksi bulan Juli 2024 dalam Monthly Highlight Series kali ini. Ambil pesan baiknya, hati-hati untuk tidak menyerap sisi buruknya. Semoga ada hal baik yang bisa kalian petik yaa. 

Tiga kata kunci yang mendeskripsikan Juli 2024 kalian apa nih? Share di kolom komentar yaa, tenang blog ini tempat aman untuk kamu dan Nia, kalian boleh meninggalkan jejak anonim. Keep going! See you bulan depan~!

Let's stay bright and healthy!
~Shania Zahara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Manfaat Journaling Dapat Meningkatkan Prestasi Siswa